Sabtu, 14 Mei 2016

UJIAN TENGAH SEMESTER BUSINESS PRACTICE 4 19 MEI 2016

AKTIVITAS UTAMA DARI 4 FUNGSI BISNIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR, RETAIL, JASA

disusun oleh :

Amilatin Amalia ( 14101222 )

fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai ( kegunaan ) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen. nilai atau kegunaan ( untility value ) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat

fungsi utama bisnis :
  • untuk mengubah bentuk bisnis ( form utility ) yang tidak lain adalah fungsi produksi 
  • untuk memindahkan bentuk ( place utility ) atau fungsi distribusi 
  • bisnis mengubahb pemilikan ( possessive utility ) yaitu fungsi penjualan 
  • menunda waktu kegunaan ( time utility ) fungsi pemasaran 


perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang ada proses produksi dari semua, baik yang dilakukan manusia, mesin dsb. dari barang mentah menjadi barang jasa. 

karakteristik perusahaan manufaktur :
  • ada proses pengolahan bahan baku ( low material, barang dalam proses ) menjadi produk  
  • setiap work station akan mengkonsumsi biaya 
  • revenue ditentukan oleh " keunggulan kompetitif " perusahaan dalam menghasilkan produk.
Contoh :  sermut ( surabi imut )




  
perusahaan retail adalah perusahaan yang usaha utamanya membeli barang dan dijual kembali kepada pihak lain melalui transaksi yang bertujuan untuk mendapatkan laba .
  • perusahaan membeli barang untuk dijual kembali 
  • kesuksesan perusahaan ditentukan oleh distribusi 
  • revenue ditentukan oleh " saluran distribusi " yang digunakan perusahaan k
kriteria pemilihan saluran distribusi  :
    1. memiliki jaringan distribusi yang luas
    2. memiliki kapasitas keuangan
    3. memiliki armada pengiriman dan penjualan
    4. memiliki cakupan area yang luas
    5. memiliki pengalaman dalam mendistribusikan produk sejenis
    6. memiliki tingkat layanan
    7. kemampuan, reputasi dan sejarah prestasi.
Contoh : indomaret 






Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual atau memberi jasa kepada pihak lain atau masyarakat. 

Karakteristik industry jasa
  • perusahaan menjual jasa pelayanan (  bukan barang )
  • kesuksesan perusahaan ditentukan oleh kualitas layanan yang diterima pelanggan
  •  Revenue ditentukan oleh “people”  
Contoh :  salon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar