Selasa, 12 April 2016

artikel kuliah tamu 7 april 2014



aktivitas utama dari 4 fungsi bisnis pada perusahaan manufaktur, retail, dan service
Dr. david sukardi kodrat, MM, CPM


perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang ada proses produksi dari semua, baik yang dilakukan manusia, mesin dsb. dari barang mentah menjadi barang jadi.

Ø  karakteristik perusahaan manufaktur :
  1. ada proses pengolahan bahan baku ( low material, barang dalam proses ) menjadi produk 
  2. setiap work station akan mengkonsumsi biaya 
  3. revenue ditendtukan oleh " keunggulan kompetitif " perusahaan dalam menghasilkan produk.
 
perusahaan retail adalah perusahaan yang usaha utamanya membeli barang dan dijual kembali kepada pihak lain melalui transaksi yang bertujuan untuk mendapatkan laba .
  • perusahaan membeli barang untuk dijual kembali 
  • kesuksesan perusahaan ditentukan oleh distribusi 
  • revenue ditentukan oleh " saluran distribusi " yang digunakan perusahaan 
Ø  kriteria pemilihan saluran distribusi 
    1. memiliki jaringan distribusi yang luas
    2. memiliki kapasitas keuangan
    3. memiliki armada pengiriman dan penjualan
    4. memiliki cakupan area yang luas
    5. memiliki pengalaman dalam mendistribusikan produk sejenis
    6. memiliki tingkat layanan
    7. kemampuan, reputasi dan sejarah prestasi 



Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual atau memberi jasa kepada pihak lain atau masyarakat.

Contohnya: bank, asuransi, transportasi, kantor akuntan, bengkel, salon, dan sebagainya

Ø karakteristik industry jasa

1.      perusahaan menjual jasa pelayanan (  bukan barang )

2.      kesuksesan perusahaan ditentukan oleh kualitas layanan yang diterima pelanggan.

3.      Revenue ditentukan oleh “people”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar