Kamis, 21 April 2016

artikel kuliah tamu 21 april 2016

RETAIL BANKING DAN 4 FUNGSI BISNIS PADA PERUSAHAAN JASA

Oleh : Mutia A Tasya S. I. Kom

  • BANK 
o  Banca ( bahasa italia ) : tempat penukaran uang 
o  Definisi bank menurut Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 Perubahan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan : Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak
  •  PERBANKAN ADL BISNIS YANG BERDASARKAN KEPERCAYAAN ( TRUST )
o  Bank merupakan bisnis kepercayaan dimana bank memainkan peranan internal antara pihak yang memiliki dana dengan pihak yang membutuhkan dana.
o  Di dalam bisnis funding, nasabah menaruh kepercayaan kepada sebuah bank, dimana mereka hanya akan menyimpan uang mereka di bank yang mereka percaya.
o  Sebaiknya dalam bisnis lending,bank yang menaruh TRUST kepada nasabah bahwa nasabah memiliki kemampuan untuk mengembalikan uang yang mereka pinjam.
  •  JENIS – JENIS BANK
o   Bank sentral
Penerbitan uang dalam suatu Negara dan mempertahankan konversi uang tersebut.
o   Bank umum
o   Bank pengkreditan rakyat (BPR)
Tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran
o   Bank syariah
Beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil
  •    KERJA DI BANK, APA MENARIKNYA ?
o   Life time relationship : seluruh bagian dari siklus hidup manusia dapat dilayani oleh bisnis
o   System komplek paling aman ( BT, OJK, LPS, Asuransi )
o   Gaji dan kesejahteraan terjamin ( gaya hidup normal )
o   Berbagai program yang menghasilkan insentif
o   Jenjang karir yang sangat terbuka
o   Care terhadap penampilan, komunikatif dan percaya diri 
  •   PROSES RECRUITMENT PEGAWAI
o   Job fair intern
o   Tahap I : psikotes internal
o   Tahap II : tes tulis
o   Tahap III : interview 1
o   Tahap IV : interview 2
o   Tahap V : psikotes eksternal
o   Tahap VI : interview 3
o   Tahap VII : tes kesehatan 
  •   MACAM DIREKTORAT DALAM BANK
o   Direktorat pengembangan bisnis dan TI
1.    Penyusunan IT strategis plan, baik untuk jangka pendek, menengah,maupun jangka panjanag
2.    Modernisasi core bangking system ( CBS )
3.   Pengembangan arsitektur dan modernisasi platform TI pada application server (middleware / jaguar ), dimana  bertujuan untuk optimalisasi layanana perbankan transaksi.
4.    Inovasi baru misalnya pembuatan smart card.
o   Direktorat retail
1.      Meningkatkan jumlah customer dan volume yang berkualitas.
2.      Focus dan pendalaman pada segmentasi bisnis pilihan
3.      Meningkatkan kualitas kredit
4.      Implementasi bisnis proses
5.      Meningkatkan fee based income
o   Direktorat mikro
1.      Revitalisasi bank mikro
2.      Pemantapan bisnis pensiunan
o   Direktorat keuangan dan perencanaan
1.      Fee base income dan sinergi bisnis
2.      Peningkatan laba dari net interest income (NII)
3.      Pendapatan dari AYDA ( agunan yang diambil alih )
o   Direktorat pelayanan dan operasi
o   Direktorat MRK dan PSDM 
  •   PRODUK LENDING
o   Consumer
KPR, KPM, KSG, Kartu kredit
o   UKMK
Kredit modal kerja, kredit investasi 

  • TABUNGAN
o   Tabungan diperuntukkan bagi penabung pihak ketiga bukan bank  ( perorangan dan perusahaan
o   Sebagai bukti tabungan bank penyelenggara akan menerbitkan buku tabungan.
o   Apabila terdapat perbedaan saldo tabungan antara buku tabungan dan catatan bank maka untuk sementara catatan bank dianggap paling valid

  • TRANSAKSI TABUNGAN
o    Setiap transaksi harap dilakukan verifikasi identitas dan tanda tangan penabung ( specimen ) pada buku tabungan dengan identitas ( tanda bukti diri ) asli penabung
o   Perintah penarikan yang menggunakan surat kuasa harus diperiksa dan disetujui oleh MPO / pejabat yang berwenang.
o   Setiap perintah pendebetan rekening oleh nasabah keapda bank yang melalui fax / telephone / media elektronik lainnya “ tidak diperkenakan “

DOKUMENTASI
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar